Unknown |
01.29 |
Banyak orang mengatakan bahwa bisnis makanan dan minuman selalu dibutuhkan. Setiap orang tentu membutuhkan energi, nutrisi, vitamin dan mineral yang pas sesuai kebutuhan aktivitas hidup mereka.
kalau kita lebih spesifik pada bisnis jus buah maka kita akan menyadari betapa pentingnya buah-buahan bagi kesehatan sebagai asupan vitamin dan serat bahkan antioksidan. Kegemaran akan buah mulai dari kalangan rakyat jelata sampai orang-orang berduit, terbukti penjaja buah dipinggir jalan tetap mempunyai pelanggan, demikian juga yang kalangan menengah ke atas.
Jadi, buah sudah menjadi kebutuhan, hanya bagaimana bentuk penyajiannya yang beragam mulai dari buah segar, buah kalengan, juice buah bahkan sampai asinan atau manisan buah. Khususnya di kalangan menengah ke atas, kesadaran mengonsumsi buah menjadi bagaian ari rencana hidup, mengapa demikian? Banyak para wanita bahkan pria menyadari pentingnya pola kombinasi makan (food cobining), sehingga makan buah atau minum jus secara terencana dan teratur menjadi bagian dalam hidup sehat mereka.
Ke depan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah akan menjadi baik dengan meningkatnya kesadaran masyarakat karena pendidikan formal dan non formal yang mereka peroleh. Jadi, boleh dikata bisnis buah-buahan dalam bentuk buah segar dan jus mempunyai kesinambungan.
Gaya Hidup
Lebih spesifik kita lihat di kota besar dengan kesibukan aktifitas bisnis para pebisnis dan profesional mempunyai waktu yang terbatas untuk menikmati buah-buahan yang ragamnya banyak dan cara mengonsumsinya berbeda beda. KalauAnda masuk ke Hypermarket sampai minimarket, pasti tidak luput dari display jus buah dengan berbagai merek dan jenis atau rasa. Merek jus buahpun beragam, lokal atau impor, dengan keunggulan masing-masing.
Tampaknya di kalangan menengah sampai atas minum jus buah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hanya perlu dicermati apakah jus tersebut 100% dari buah segar atau konsentrat dengan komposisi tambahan sampai zat pengawet, gula dan pewarna yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan pangan.
Hal ini menentukan kemurnian dari jus buah sendiri dan kandungan vitamin dan seratnya. Kemudahan mengkonsumsi dalam bentuk jus buah berbagai kemasan dan ukuran membuat jus buah diminati konsumen dalam kesibukan mereka. Disetiap mal, restoran hotel atau cafe mereka tidak luput menyediakan jus buah. Disini tampak gaya hidup sehat, praktis dan keamanan pangan akan mendorong pertumbuhan pasar.
Kunci Sukses
* Produk
Pada dasarnya jus buah dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
Long shelf life juice dengan merek seperti Berri, Welch's, Just Juice, Martinellis, Ocean Spray, Sunkist, Dewlands, Chabaa, Buavita, ABC, ountry Choicedan Carrefour (produk impor dan lokal dengan bahan konsentrat), sedangkan merek Happy Day, Ceres & Original sebagai produk impor berbahan buah segar.
Fresh Juice. Produk-produk juice yang membutuhkan penempatan di refrigerator juga bervariasi cukup banyak dengan merek marco, Jugle juice, Berri dengan beberapa category, Frutang, Classics, Sunshine, Sunripe, Diamond, Nucleo, Pulp Orange dan Love Juice.
Di sini tampak bahwa juice buah punya prospek baik, kalau tidak mengapa sekian banyak pemain masuk? Kalau tidak punya prospek bagus mengapa carrefour ikut membuat Home Brand juice buah? Memang menjadi tantangan bagi pemain long shelf life juice dan fresh juice untuk membangun keunggulan produk dan layanan karena masing-masing pasti sudah mengklaim denga posisi tertentu seperti keasliannya, tanpa pengawet, tanpa pewarna, murah. Jadi, Anda perlu memikirkan kategori baru dalam juice buah untuk menciptakan diferensiasi pasar.
* Harga
Harga untuk long shelf life juice dan fresh juice bervariasi untuk yang satu liter mulai di bawah Rp. 10.000 sampai Rp. 18.000 tentunya dengan kekhasan produk masing-masing. Kalau yang diperas langsung di depan Anda akan lebih mahal lagi bisa menjadi Rp. 30.000; an.
Untuk konsumen yang lebih cekak fulusnya maka dibuat kemasan yang lebih kecil dengan harga lebih terjangkau. Penentuan harga menjadi salah satu faktor strategi dalam pemasaran dan penjualan dalam men ciptakan citra dan profit.
* Promosi
Dibutuhkan promosi secara konsisten untuk mempertahankan merek dan loyalitas konsumen. Dalam produk minuman tentu saja tetap mengalokasikan anggaran untuk promosi bail ATL atau BTL terlebih-lebih bila sering meluncurkan produk baru.
* Publikasi
Salah satu yang penting dalam membangun merek adalah publikasi (ingat ada buku berjudul The fall of advertising and the raise of PR). Perlu Anda renungkan sesaat, berapa persen dari seluruh keputusan yang Anda ambil merupakan hasil rekomendasi dari orang yang Anda percaya? Itulah kekuatan dari gethok tular atau word of mouth yang merepakan salah satu bentuk publikasi yang terkuat.
* Distribusi
Produsen tentu ingin produknya mencakup seluruh outlet yang ada di Indonesia, sehingga distribusi mereka merata dan mudah diperoleh konsumen. Lihat bagaimana kasus teh botol sosro dan Aqua meratakan produk dari modern outlet sampai menjaja dipinggir jalan. Langkah strategis meratakan pasar menjadi bagian dari pilihan dan prioritas produsen sesuai dengan kemampuan produksi dan finansial.
Kesempatan bagi pebisnis untuk melirik ke bisnis juice buah karena potensi yang menarik. Pilihan dapat diambil salah satunya adalah membeli produsen juice buah yang telah ada dipasar karena pemilik lama pasti sudah melewati fase penetrasi yang melelahkan dan berisiko gagal. Ingat setiap fase dari siklus bisnis pasti ada tantangan dan benefit yang diperoleh termasuk ingetangible assets (goodwill) yang sudah terbentuk selama perjalanan bisnisnya.
Fery Hartono
Bisnis Indonesia, 17 Juni 2007
Untuk awal modal yang dibutuhkan Rp.3 jutaan. Mengapa di kelompokkan dalam modal Rp.3 jutan? Karena untuk bisnis ini bisa dimulai dari depan rumah Anda sendiri atau kios di pasar dengan konsumen di sekitar tempat Anda. Cukup hanya menyediakan tempat, Kursi dan Meja sesuai dengan luas tempat dan alat sederhana untuk membuat jus.
Bisa juga target konsumen Anda adalah karyawan di perusahaan besar dengan harga Rp 3000 - Rp. 10.000 pergelasnya. Tentunya Anda harus menyediakan grobak untuk membawa semua produk Anda.
Setelah modal Anda sudah banyak, maka Anda bisa memulai bisnis sebagai pemasok buah segar ke hotel, restoran atau pabrik pembuat jus dan tidak tertutup kemungkinan Anda bisa membuat perusahaan dan menciptakan merek dagang Anda sendiri yang bisa bersaing di pasar.
Menjadi pengusaha tidak harus bermodal besar, tetapi bisa dimulai dengan modal kecil dari tabungan Anda. Dan ingat Anda harus cerdik dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Bisnis Jus Buah Sehat dan Menguntungkan
Admin
Banyak orang mengatakan bahwa bisnis makanan dan minuman selalu dibutuhkan. Setiap orang tentu membutuhkan energi, nutrisi, vitamin dan mineral yang pas sesuai kebutuhan aktivitas hidup mereka.
kalau kita lebih spesifik pada bisnis jus buah maka kita akan menyadari betapa pentingnya buah-buahan bagi kesehatan sebagai asupan vitamin dan serat bahkan antioksidan. Kegemaran akan buah mulai dari kalangan rakyat jelata sampai orang-orang berduit, terbukti penjaja buah dipinggir jalan tetap mempunyai pelanggan, demikian juga yang kalangan menengah ke atas.
Jadi, buah sudah menjadi kebutuhan, hanya bagaimana bentuk penyajiannya yang beragam mulai dari buah segar, buah kalengan, juice buah bahkan sampai asinan atau manisan buah. Khususnya di kalangan menengah ke atas, kesadaran mengonsumsi buah menjadi bagaian ari rencana hidup, mengapa demikian? Banyak para wanita bahkan pria menyadari pentingnya pola kombinasi makan (food cobining), sehingga makan buah atau minum jus secara terencana dan teratur menjadi bagian dalam hidup sehat mereka.
Ke depan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi buah akan menjadi baik dengan meningkatnya kesadaran masyarakat karena pendidikan formal dan non formal yang mereka peroleh. Jadi, boleh dikata bisnis buah-buahan dalam bentuk buah segar dan jus mempunyai kesinambungan.
Gaya Hidup
Lebih spesifik kita lihat di kota besar dengan kesibukan aktifitas bisnis para pebisnis dan profesional mempunyai waktu yang terbatas untuk menikmati buah-buahan yang ragamnya banyak dan cara mengonsumsinya berbeda beda. KalauAnda masuk ke Hypermarket sampai minimarket, pasti tidak luput dari display jus buah dengan berbagai merek dan jenis atau rasa. Merek jus buahpun beragam, lokal atau impor, dengan keunggulan masing-masing.
Tampaknya di kalangan menengah sampai atas minum jus buah menjadi bagian dari gaya hidup mereka. Hanya perlu dicermati apakah jus tersebut 100% dari buah segar atau konsentrat dengan komposisi tambahan sampai zat pengawet, gula dan pewarna yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan pangan.
Hal ini menentukan kemurnian dari jus buah sendiri dan kandungan vitamin dan seratnya. Kemudahan mengkonsumsi dalam bentuk jus buah berbagai kemasan dan ukuran membuat jus buah diminati konsumen dalam kesibukan mereka. Disetiap mal, restoran hotel atau cafe mereka tidak luput menyediakan jus buah. Disini tampak gaya hidup sehat, praktis dan keamanan pangan akan mendorong pertumbuhan pasar.
Kunci Sukses
* Produk
Pada dasarnya jus buah dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
Long shelf life juice dengan merek seperti Berri, Welch's, Just Juice, Martinellis, Ocean Spray, Sunkist, Dewlands, Chabaa, Buavita, ABC, ountry Choicedan Carrefour (produk impor dan lokal dengan bahan konsentrat), sedangkan merek Happy Day, Ceres & Original sebagai produk impor berbahan buah segar.
Fresh Juice. Produk-produk juice yang membutuhkan penempatan di refrigerator juga bervariasi cukup banyak dengan merek marco, Jugle juice, Berri dengan beberapa category, Frutang, Classics, Sunshine, Sunripe, Diamond, Nucleo, Pulp Orange dan Love Juice.
Di sini tampak bahwa juice buah punya prospek baik, kalau tidak mengapa sekian banyak pemain masuk? Kalau tidak punya prospek bagus mengapa carrefour ikut membuat Home Brand juice buah? Memang menjadi tantangan bagi pemain long shelf life juice dan fresh juice untuk membangun keunggulan produk dan layanan karena masing-masing pasti sudah mengklaim denga posisi tertentu seperti keasliannya, tanpa pengawet, tanpa pewarna, murah. Jadi, Anda perlu memikirkan kategori baru dalam juice buah untuk menciptakan diferensiasi pasar.
* Harga
Harga untuk long shelf life juice dan fresh juice bervariasi untuk yang satu liter mulai di bawah Rp. 10.000 sampai Rp. 18.000 tentunya dengan kekhasan produk masing-masing. Kalau yang diperas langsung di depan Anda akan lebih mahal lagi bisa menjadi Rp. 30.000; an.
Untuk konsumen yang lebih cekak fulusnya maka dibuat kemasan yang lebih kecil dengan harga lebih terjangkau. Penentuan harga menjadi salah satu faktor strategi dalam pemasaran dan penjualan dalam men ciptakan citra dan profit.
* Promosi
Dibutuhkan promosi secara konsisten untuk mempertahankan merek dan loyalitas konsumen. Dalam produk minuman tentu saja tetap mengalokasikan anggaran untuk promosi bail ATL atau BTL terlebih-lebih bila sering meluncurkan produk baru.
* Publikasi
Salah satu yang penting dalam membangun merek adalah publikasi (ingat ada buku berjudul The fall of advertising and the raise of PR). Perlu Anda renungkan sesaat, berapa persen dari seluruh keputusan yang Anda ambil merupakan hasil rekomendasi dari orang yang Anda percaya? Itulah kekuatan dari gethok tular atau word of mouth yang merepakan salah satu bentuk publikasi yang terkuat.
* Distribusi
Produsen tentu ingin produknya mencakup seluruh outlet yang ada di Indonesia, sehingga distribusi mereka merata dan mudah diperoleh konsumen. Lihat bagaimana kasus teh botol sosro dan Aqua meratakan produk dari modern outlet sampai menjaja dipinggir jalan. Langkah strategis meratakan pasar menjadi bagian dari pilihan dan prioritas produsen sesuai dengan kemampuan produksi dan finansial.
Kesempatan bagi pebisnis untuk melirik ke bisnis juice buah karena potensi yang menarik. Pilihan dapat diambil salah satunya adalah membeli produsen juice buah yang telah ada dipasar karena pemilik lama pasti sudah melewati fase penetrasi yang melelahkan dan berisiko gagal. Ingat setiap fase dari siklus bisnis pasti ada tantangan dan benefit yang diperoleh termasuk ingetangible assets (goodwill) yang sudah terbentuk selama perjalanan bisnisnya.
Untuk awal modal yang dibutuhkan Rp.3 jutaan. Mengapa di kelompokkan dalam modal Rp.3 jutan? Karena untuk bisnis ini bisa dimulai dari depan rumah Anda sendiri atau kios di pasar dengan konsumen di sekitar tempat Anda. Cukup hanya menyediakan tempat, Kursi dan Meja sesuai dengan luas tempat dan alat sederhana untuk membuat jus.
Bisa juga target konsumen Anda adalah karyawan di perusahaan besar dengan harga Rp 3000 - Rp. 10.000 pergelasnya. Tentunya Anda harus menyediakan grobak untuk membawa semua produk Anda.
Setelah modal Anda sudah banyak, maka Anda bisa memulai bisnis sebagai pemasok buah segar ke hotel, restoran atau pabrik pembuat jus dan tidak tertutup kemungkinan Anda bisa membuat perusahaan dan menciptakan merek dagang Anda sendiri yang bisa bersaing di pasar.
Menjadi pengusaha tidak harus bermodal besar, tetapi bisa dimulai dengan modal kecil dari tabungan Anda. Dan ingat Anda harus cerdik dalam mengelola keuangan bisnis Anda.
Category:
kiat sukses,
peluang bisnis,
wirausaha